Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola Yang Baik dan Benar

Permainan sepakbola terdiri dari 11 pemain yang memiliki peran masing-masing diatas lapangan. 11 pemain harus saling bekerja sama agar tercipta permainan yang indah dan meraih kemenangan. Tujuan utama dalam permainan sepak bola adalah memasukan bola kegawang lawan sebanyak-banyaknya. untuk memasukan bola kegawang lawan diperlukan teknik yang memadai. mari kita bahas bersama macam-macam teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus anda kuasai.

Teknik menggunakan bola

Menendang bola

Menendang merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki setiap pemain sepak bola dan juga harus memiliki tendangan sebaik mungkin. Tendangan dapat dilakukan dengan baik menggunakan kaki kiri maupun kanan. Teknik menendang diperlukan kosentrasi yang tinggi supaya dapat menghasilkan tendangan yang tepat kesasaran. Artinya jarak,kekuatan, dan arah tendangan yang harus tepat. Berikut beberapa teknik menendang bola.

  1. Menendang bola dengan kaki bagian dalam. Pada bagian kaki ini memiliki permukaan paling luas untuk menendang.Bagian kaki dalam biasa digunakan untuk mengumpan bola jarak pendek, tendangan ini sangat bagus karena hasik tendangan akurat dan terukur.
  2. Menendang bola dengan kaki bagian luar. Tendangan ini juga digunakan untuk mengumpan jarak pendek tetapi tendangan dengan mengunakan kaki luar akan sulit dibaca gerakannya oleh lawan, karena umpannya berlawanan arah dengan posisi pengumpannya.
  3. Menendang bola dengan kaki bagian punggung. Hasil dari tendangan menggunakan punggung kaki biasa sangat terarah, karena titik tumpuhnya terpusat pada bola bagian tengahnya (pusat).Teknik ini wajib dikuasai oleh pemain yang memiliki posisi penyerang agar dapat menghasilkan tengdangan dengan kekuatan yang besar dan tepat sasaran yang dituju pun akurat, sehingga pemainnya harus lebih konsentrasi.

Menahan bola (control ball)

Menahan bola mempunyai beberapa teknik yaitu, bola menyusur tanah (ground ball) , bola memantul (bouncing ball) dan bola tinggi (high ball). Berikut penjelasannya.

  1. Menahan bola menyususur tanah dengan bagian kaki dalam dengan telapak kaki.
  2. Menahan bola mmemantul menggunakan bagian kaki dalam, bagian kaki luar,telapak kaki,dan dengan perut.
  3. Menahan bola diudara menggunakan bagian kaki dalam,dada,paha,kepala dan punggung kaki.

Menggiring bola (dribbling)

menggiring bola adalah mendorong bola secara perlahan sambil berjalan atau berlari. Tujuannya untuk membawa bola kearah gawang lawan, melewati lawan dan memperlambat irama permainan. Berikut penjelasannya.

  1. Mengiring bola menggunakan bagian kaki dalam.
  2. Mengiring bola menggunakan bagian kaki luar.
  3. Mengiring bola menggunakan punggung kaki.
  4. Merebut bola (tackling).

Ada banyak cara untuk merebut bola dari kaki lawan, Berikut cara-caranya

  • Cara Berhadapan dengan lawan tanpa menjatuhkan diri.
  • Cara sliding (meluncur ke bawah) menggunakan bagian kaki dalam.
  • Sliding tackle (meluncur ke bawah) menggunakan bagian kaki luar.

Hati-hati saat melakukan teknik ini. Hal tersebut bisa beresiko dari teknik merampas bola tidak hanya mencederai lawan, tetapi juga diri sendiri. Hal ini harus sangat diperhatikan terutama untuk pemain posisi belakang karena dapat merugikan tim saat melakukan teknik ini di dalam kotak penalti sendiri.

Lemparan kedalam (throw in)

Ketika bola meninggalkan lapangan permainan (out) keluar dari garis lapangan, Berikut penjelasannya.

  • Pegang bola dengan kedua tangan dengan jari-jari dan telapak pada kedua sisi bola.
  • Lakukan lemparan dari atas garis lapangan atau bagian luar garis lapangan.
  • Sewaktu melempar, pastikan kedua kaki tetap berpijak di tanah dan tidak di perbolehkan kakinya terangkat.
  • Bola harus dilemparkan melalui atas belakang kepala dan lemparkan ke arah lapangan permainan.

Penjaga gawang (kiper)

Penjaga gawang adalah benteng terakhir dalam pertahanan permainan sepak bola. Untuk itu penjaga gawang diberikan kelebihan diperbolehkan menggunakan semua bagian tubuhnya untuk menghalau bola agar tidak masuk ke gawang. berikut penjelasannya.

  • Menangkap bola yang bergulir ditanah
  • Menangkap bola setinggi perut
  • Menangkap bola setinggi dada
  • Bersiap dari serangan lawan
  • Refleks gerak yang tinggi.

Teknik tanpa menggunakan bola

Teknik tanpa menggunakan bola adalah cara pemain yang menguasai gerak tubuhnya dalam permainan yang meluputi cara berlari,meloncat, dan gerakan menipu badan, Hal ini penting agar pemain dapat menjaga keseimbangan tubuh supaya tetap dapat terkontrol.

Pola penyerangan

Teknik gerakan pola penyerangan berikut penjelasannya

Wall-pass dengan kata lain operan satu dua. Wall-pass adalah gerakan yang mudah dimana saat pemain A mengoper bola kepada pemain B tugasnya pemain A mencari tempat posisi baru. Pemain B tanpa menahan bola mengumpan kembali kepada pemain A yang menerima bola pada posisi baru.

Lemparan kedalam. Jika dilakukan dengan benar dan bersungguh-sungguh, maka lemparan kedalam bisa menjadi awal serangan yang berbahay untuk lawan, terlebih jika lemparan kedalam terjadi di daerah lawan.

Teknik gerakan menggunakan bola (pola pertahanan)

Permainan sepak bola dikenal memiliki tiga bariasan yaitu : (1) barisan penyerang (2) barisan tengah dan (3) barisan belakang. Barisan belakang mempunyai tugas untuk mempertahankan gawangnya dari serangan lawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s