Teknik Dasar Cara Bermain Futsal Untuk Pemula

Siapa yang tidak mengenal olahraga futsal. Di Indonesia, olahraga futsal sangat diminati dan menjadi bagian gaya hidup masyarakat dari kalangan kota maupun perdesaan.
Terutama diperkotaan, olahraga ini dimainkan oleh semua tingkatan usia, dari orang tua,dewasa,remaja hingga anak kecil

Namun demikian tidak semua orang menyukai olahraga futsal pada awalnya ataupun langsung jago.
saya akan memberikan sedikit tips informasi tentang olahraga futsal

1.Lakukan Pemanasan

Dalam olahraga apapun, pemanasan sangatlah penting untuk dilakukan.
Hal ini agar otot-otot anda tidak kaku saat bermain futsal yang membutuhkan banyak gerakan, seperti menendang,mengumpan dan berlari, lakukan pemanasan seperti olahraga lainnya dengan waktu kurang lebih 5 menit. Ada baiknya fokus pada bagian kaki karena itu yang akan sering digunakan dalam olahraga futsal ini.

2.Berani Menguasai Bola

Olahraga futsal sudah jelas berkaitan dengan bola, pasti bagi pemula takut untuk menguasai bola dalam arti seperti dribling karena takut gagal atau bolanya lari, satu tips mujarab, harus berani menguasai bola. Jangan takut bola akan lari entah kemana namanya juga pemula pasti awalnya gak begitu ahli, tapi seiring berjalannnya waktu yang dari pemula pasti akan ahli mengusai bola, asal tidak malas untuk berlatih dan bermain pasti akan dapat sentuhan bagaimana caranya dengan nyaman menguasai bola. Tapi,hal yang pertama adalah harus berani menguasai bola jangan takut salah langkah.

3.Memberi umpan yang tepat dan akurat

Memang tidak mudah bagi pemula untuk memberi umpan yang tepat, bagi pemula cobalah mengumpan dengan menggunakan kaki bagian dalam, umpan yang baik adalah keras dan akurat, tapi sebagai awalnya usahakan untuk mengumpan tepat ke temanmu, beranilah agar umpan tepat menuju ke temanmu.

4.Mengontrol bola

Bagi pemula jangan panik ketika mendapatkan bola, kontrol bolah yang baik adalah dengan memakai sol sepatu. Ini dilakukan agar bola mudah dikontrol, dan mudah untuk mengubah arah bola sesuai keinginan kita, tetap dalam penguasaan penuh kita.
Kemudian ketika bola belum sampai kepada kita, kita harus sudah tahu bola akan diarahkan kemana, sehingga kita bisa langsung mengontrol dengan mengarahkan ke tempat yang mau kita tuju.
Mengontrol bola dengan sol sepatu bisa dilakukan ketiuka tumit kaki sudah berada diatas lapangan, bukan melayang diatas lapangan. Dibandingkan dengan mengontrol menggunakan bagian kaki lain, menggunakan sol sepatu juga akan membuat bola terkontrol dengan sempurna.

5.Menendang sekuat-kuatnya

Menendang adalah kemampuan yang wajib semua orang punyai karena pada akhirnya futsal ditentukan oleh jumlah gol. Semakin banyak tim-mu mencetak gol semakin besar pula peluang untuk menang. Ada banyak teknik menendang bola dari bagian kaki luar, dalam, dan juga ujung atau biasa di sebut concong.
Bagi pemula terus lah menendang ke gawang lawan sekuat-kuatnya, entah mau menggunakan sisi kaki bagian mana yang penting usahakan tepat ke arah gawan lawan, Seiring berlatih dan bermain secara rutin, kamu akan menemukan bagian mana yang tepat untuk kamu arahkan bola.

6.Memahami aluran permainan

Futsal adalah permainan yang menggunakan gerakan cepat dengan gerakan dari kaki ke kaki, hal ini dikarenakan lapangan yang kecil dan banyaknya pemain yang ada membuat kamu harus bergerak dengan cepat untuk mencari ruang.
Usahakan tidak terlalu lama mendrible bola. Bagi para pemula akan kaget karena akan menguras stamina. Ada baiknya bagi pemula bermain 5 menit sampai 10 menit, karena bisa jadi ketika bermain hanya berdiam dilapangan , tapi bisa menyulitkan rekan setimnya, jadi lebih baik bagi pemula mengatur waktu bermain dan stamina agar mampu beradaptasi dengan cepatnya irama permaian futsal.

Itulah sedikit penjelasan yang kami berikan untuk pemain yang baru memulai olahraga futsal. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a comment